Beberapa bulan terakhir,di Dokter Harddisk  kembali marak kasus-kasus data perusahaan yang terkena Trojan / ransomware  dimana seluruh data penting tidak dapat dibuka dikarenakan di Encrypt oleh ransomware tersebut.

Gejalanya antara lain, adanya file HELP_DECRYPT.png dan HELP_DECRYPT.url yang berisi petunjuk untuk memperoleh kunci Decryptor untuk file penting yang sudah ter Enkripsi.

removal cryptolokcer

isi dalam file petunjuk tersebut berisi link URL ke domain tertentu yang menyertakan uniq key komputer anda, yang dipilih oleh pembuatnya, tapi dari keseluruhan kasus Dokter Harddisk mencoba membuka link dari URL tersebut semuanya sudah tidak aktif. jadi walaupun user berniat membayar uang tebusan untuk datanya, kemungkinan sudah tidak bisa.

HELP_DECRYPT

 

jadi kami pastikan bahwa file tersebut tidak bisa di recovery datanya, alias hilang secara pemanen.

Untuk kasus seperti ini mohon maaf sekali Dokter Harddisk tidak dapat membantu banyak, walaupun kami berusaha mengembalikan file yang sudah terencrypt, besar kemungkinan dari versi file yang lama atau dari file yang sudah pernah terhapus.

tips aman dari CryptoLocker :

  1. Gunakan Antivirus Resmi dan Update Database Terbaru
  2. Jangan sembarangan membuka attachment dari email yang anda tidak kenal, terutama attachment berupa executable (*.exe, *.pif,*.com, *.bat, *.cmd, *.lnk, *.vbs, *.js) walaupun file tersebut ada didalam file zip/rar
  3. Jangan download sembarangan, apalagi dari situs-situs yang anda tidak kenal atau diragukan keamananya.
  4. Selalu Backup data anda secara rutin, baik offline maupun online, dan pisahkan harddisk backup anda dari system utama komputer anda.
  5. Segera matikan komputer bila menemukan file seperti tersebut di atas, atau file yang mencurigai
  6. Segera hubungi kami untuk masalah seputar recovery data.